Senin, 15 Oktober 2018

Debut Moderator

yes namanya pake nama panggung gw hehe.. bukan nama lengkap asli. Ada yang tahu nama lengkap gw?


Gw mau cerita tentang kejadian dua hari yang lalu, tepatnya Juma’at 13 Oktober 2018 kemarin. Tentang gw deg2an sampe kebelet p**P. Berawal dari gw yang ditunjuk jadi moderator sebuah acara talk show. Acaranya sih ga gede2 banget, soalnya Cuma sebatas untuk kalangan asisten di jurusan gw. Gw ditawarin jadi moderator, perasaan awalnya pengen nolak sih. Soalnya gw belom pernah dan yaaa rada takut aja sih kalo ngecewain. Tapi gw mikir, kalo bukan sekarang kapan lagi, karena OMG ini tuh juga salah satu impian gw. Gw pengen jadi public speaker ya kaya Om Tantowi Yahya atau Hilbram Dunar. Gw udah pengen dari lama, tapi gatau caranya mulai. Gw coba kode temen gw yg juga terlibat dalam dunia kaya gini, sapa tahu doi bisa ngajarin gw atau bahkan ngajak nge-job bareng, tapi ya tetep egak juga hehe. Dan tiap ada undangan jadi moderator dari lab, temen gw yg diundang, gw mikir kok bukan gw ya? Apa karena gw kurang terlihat bakatnya, atau gw terlihat ga becus gitu kalo jadi moderator? Hehe. Gw dulu waktu jadi peserta seminar liat mas dan mba dari lab gw jadi moderator gitu ; gw suka dan pengen kaya mereka. Dan finally... akhirnya kesempatan itu datang. Walau gw belum pernah gw mencoba belajar, karena pasti tiap org akan ngalamin yg namanya first time. Ya kaya lu mau lamar kerja, pasti ditanya dulu pengalaman kerja. Lah gimana mau kerja kalo tiap ngelamar kerja ditanya udah ada pengalaman belom. Sama aja kalo gw nolak , lalu kapan gw pernah dan jadi bisanya. Akhirnya gw iyain karena niatnya juga ngebantuin panitia, daripada capek lagi kan nyari orang yang mau. Ya gw siap bantuin hehe sekalian gw ngepraktekin apa yang gw pelajarin di bukunya Hilbram Dunar.
       

     Tapi pas udah mau menjelang hari H, gw degdegannya parah. Yang coach debate gw bilang ada orang grogi buat public speaking sampe kebelet eek yang gw kira boongan, eh sampe akhirnya gw ngebuktiin omongan doi utk yg kedua kalinya. Sebelumnya pernah tegang sampe bener2 pup malahan, waktu tahu satu room sama dewa2 debate . Ok then, gw bener2 degdegan semaleman sampe tidurnya mendekati jam 12 malem aja tak paksain buat tidur walau ga ngantuk, krn takut kesiangan. Pengennya malah ga tidur karena gabisa tidur, tapi malah ntar takutnya menjelang pagi baru tidur dan babblas L. Tapi gw tidur akhirnya dan bangun pas adzan subuh dan pas ketika alarm gw mode berisik alias bunyi, gw yg biasanya adzan subuh masih ngantuk pengen bobok. Hari itu langsung bener2 melek. Pokoknya mandi lebih awal, nelpon emak lagi buat ngilangin grogi setelah malemnya gw karena butuh penyegar disaat kebingungan, gw juga latihan lagi buat jadi moderator, dan reasearch terkait materi yang bakalan dibawa sama pembicara. Gw bener2 degdegan. Yes! Untuk jadi MC gw lumayan sering bahkan MC 17an impromtu aja gw siap. Tapi ini beda gw belom pernah jadi moderator, ini debut gw. Dan gw harap didebut gw kali ini bisa nampilin sesuatu yang berkesan ke audience. Nanya2 orang lah, pokoknya jangan sampe fail pokoknya dari yang bakal gw omongin sampe gw pake di hari itu.  Sampe hari itu dateng gw rasa perasaan degdegan gw sampe menguasai seluruh ruang (ruang tunggu pembicara) karena getarannya sampe ke menggetarkan meja di hadapan gw (hmm yaiyalah kan sebelah gedung lagi ada pembangunan gedung baru, wajar deh bergetar karena alat berat).  Mana acaranya molor lagi, tambah lama aja perasaan deg2an gw.
Long story short, giliran gw masuk. Gw  memulai dengan perasaan degdegan. Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa gw begitu ngerasa deg2an banget :
1.      Kali pertama aku jadi moderator
2.      Gw tampil dihadapan para asisten, dan karena itu acara untuk angkatan 1 tahun di atas gw. Ge tambah deg2an, karena secara yekan mereka tuh asisten yang pandangannya beda lah yha.
Tapi pas gw tampil semuanya ya biasa aja. I mean ga merasa gw buruk, tapi juga ga ngerasa gw bagus amat. Setelah berakhir, orang2 yg gw ributin dr kmaren nanya gimana. Gw bingung paramater sukses egak tuh gimana. Sebenarnya sih lancar2 aja, cuman ya gw udah persiapan dan punya ekspektasi lain dan itu belum tersampaikan ke penonton (penonton ga menyadari apa yg ingin gw bawakan). Kurang dapat feelnya aja. Tapi so far, untuk debut  ini udah lumayan. Gw gatau panitia milih gw karena apa, mungkin krn ga ada org lagi atau ya krn tiba2 gw muncul aja dipikiran mereka atau alasan lainnya. Tapi yang jelas mereka percaya sama gw, dan gw gabole ngecewain. Gw sebenarnya pengen nampilin kesan baik walau bukan sbg pengisi acara, berharap suatu saat nanti bakal ngelakuin hal ini lagi. Semoga kemarin itu penampilan gw ga buruk2 amat dan ngancurin acara orang.  Dan diksempatan ini lagi gw belajar, bahwa ketakutan itu harus dilawan. Kapan kamu akan bisanya kalau untuk memulai saja takut.  Preparation makes confidence (little bit haha) karena kalo kata Mas Hilbram nervous itu perlu agar kita lebih wasapada.  Dan setelah acara hari Sabtu, 14 Okt itu kelar, badan gw rasanya kek capek banget padahal juga egak ngapa2in, ntah efek lagi dapet dan seringan psikis wkwk. Oke bye. Udah jam 01:41  pagi di hari senin 15 Okt 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar